SEKIAN TAHUN, KEKELURGAAN KERAJAAN KARANG ASEM DAN KEDATUAN MAMBALAN TETAP TERJALIN DENGAN BAIK SAMPAI SAAT INI

  • Nov 03, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, November 2021

Selain dikenal sebagai Desa tertua Desa Mambalan juga sangat terkenal dengan Kebangsawanannya. Diketahui  di Mambalan dahulu berdiri sebuah kerajaan Kedatuan yang menerapkan pola hidup sederhana dan disegani. Denda Fatimah putri Kedatuan Mambalan menikah dengan Putra Anak Agung Ngurah Karang Asem untuk mempererat kekerabatan dan menghindari serangan dari cakranegara.

Meskipun kisah kerajaan telah berlalu berabad silam. Namun, hubungan kekeluargaan antar Anak Agung Ngurah Karang Asem dan Kedatuan Mambalan masih terjalin dengan sangat baik sampai saat ini.

Terbukti dengan seringnya Anak Agung Ngurah Karang Asem berkunjung  ke Mambalan mengunjungi anak keturunan Denda Fatimah yang berada di Karang Bage'an. 

keturunan Kedatuan Mambalan mengaku masih sering mendapat kunjungan dari anak keturunan Anak AGung NGurah karang asem.

salah satu keturunan kedatuan Mambalan, mengatakan baru beberapa hari ini Anak Agung datang bersilaturahmi ke Karang Bage'an untuk tetap menjalin hubungan kekeluargaan.

diakui warga karang bage'an mereka sangat senang dengan kunjungan keluarga Anak Agung dengan begitu hubungan kekeluargaan akan tetap terjalin dengan baik. 

''ya masih sering, bahkan beberapa hari lalu ada Anak Agung datang silaturahmi kesini. hubungan kekeluargaan kami dengan Anak Agung masih terjalin baik sampai sekarang dan semoga saja akan tetap terjalin samapi nanti''. ungkap salah satu warga yang bertempat tinggal di karang bage'an dan termasuk keturunan Kedatuan Mambalan.

Kades Mambalan yang mengetahui hal ini langsung ingin menelusuri rekam jejak sejarah Kedatuan Mambalan dan Kerajaan Anak Agung Ngurah Karang Asem. 

"Ini harus kita gali lagi sejarahnya, kita telusuri secara mendalam. Nanti kita lakukan kunjungan balik ke tempat Anak Agung. ini bisa menjadi potensi Desa kedepannya" 
Ungkap Apink Alkaff kades Mambalan.

Saat ini sudah sangat jarang anak-anak muda mengetahui sejarah yang berkaitan dengan Desa Mambalan hingga sangat perlu untuk diadakan kajian sejarah.