MAMBALAN LAUNCHING KIOS ADMINDUK

  • Sep 22, 2022
  • Admin Desa Mambalan

Rabu, 20 September 2022. Kegiatan launching "KIOS ADMINDUK" Administrasi Kependudukan di 10 desa Sekecamatan Gunungsari salah satunya Desa Mambalan.

Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Barat dan 10 desa se kecamatan Gunungsari Melaunching Kios Adminduk di laksanakan di Desa Sesela. Adapun 10 desa diantarannya Desa Mambalan, Desa Sesela, Desa Jatisela, Desa Midang, Desa Kekeri, Desa Mekarsari, Desa Guntur Macan, Desa Dopang, Desa Ranjok, dan Desa Gunungsari. 

Dalam sambutan kepala desa Sesela menyampaikan bahwa karna kondisi lokasi Kecamatan Gunungsari yang jauh dari Ibukota Lombok Barat yang tentunya membutuhkan banyaknya perbaikan walaupun sudah ada UPT akan tetapi masih belum maksimal sehingga terbentuk inovasi baru yakni Kios Adminduk ini. Pelayanan Kios Adminduk ini juga sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan serta memperluas jangkauan pelayanan di desa agar masyarakat lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukannya seperti Akta Kelahiran dan Akta Kematian. 

Selain itu juga Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat H. M. Hendrayadi menyatakan hari ini 10 Desa yang melakukan kerjasama dengan Dinas Dukcapil dalam layanan adminduk. Kios Adminduk ini akan melayani dua pelayanan yakni pembuatan Akte Kelahiran dan Akte Kematian, akan tetapi jika ada perubahan adminduk lainnya bisa juga dikoordinasikan dengan semua operator Dinas Dukcapil. Layanan ini tidak hanya di desa saja akan tetapi sudah ada di rumah sakit juga, tuturnya. dua puskesmas yang sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Dukcapil yakni puskesmas Pelangan dan Puskesmas Banyumulek. Setiap anak yang lahir di puskesmas tersebut  akan mendapatkan layanan Akte Kelahiran, KIA, Kartu Keluarga (KK), JKN dan BPJS yang di urus du pihak puskesmas." 

Bupati Lombok Barat setelah menyaksikan penandatangan MoU antara Dinas Dukcapil dengan 10 Kepala Desa yang melakukan kerjasama, menyampaikan kecamatan gunngsari merupakan nomer 2 dalam pelaksanaan pelayanan administari setelah kecamatan Labuapi, Bupati berharap semoga Kecamatan Gunungsari yang pertama mencapai 100%. Layanan Kios Adminduk ini sederhana dan terbatas tetapi memberikan pengaruh besar terutama pada kecamatan dan desa. apabila desa ingin mencetak adminduk lainnya maka harus siap menganggarkan biaya besar untuk peralatan dan operasionalnya, untuk tinta saja harganya sampai 3juta untuk 200 KTP" Tutur Bupati Lombok Barat.