PROGRAM UNGGULAN DESA 2022-2027

  • Nov 29, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, November 2021

Bertempat di kantor desa Mambalan kemarin 24 Novenber 2021 Pemerintah desa Mambalan menggelar MUSRENBANGDES (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) 2022-2027 mendatang. 

Musrenbangdes yang dihadiri hampir seluruh lapisan masyarakat desa Mambalan mulai dari tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama, Kadus hingga RT. turut juga hadir Camat Gunungsari yang di wakili Muhamad Musanip, S.Sos. selaku Sekcam Gunungsari serta TPP. Kabupaten Lombok Barat Yusmi Zulvia. 

Dalam Musyawarah perencanaan pembangunan desa yang berlangsung pagi hingga siang itu menyebutkan beberapa program unggulan desa yang akan digenjar tahun 2022-2027 mendatang. program unggulan yang akan dilakukan pemerinta desa 2022-2027 antara lain, memaksimalkan sumber daya air Renggung.

Kepala desa Mambalan, Apink Alkaff mengatakan potensi besar yang dimiliki desa berupa sumber air yang melimpah, sangat disayangkan jika tidak bisa kita kelola dengan baik. oleh karena itu memaksimalkan sumber daya air ini sangat penting dan perlu diupayakan.

"potensi besar yang desa kita miliki berupa dikaruniai sumber air yang melimpah, hingga sangat di sayangkan apabila tidak bisa kita kelola dengan baik. oleh karena itu sangat penting dan perlu kita upayakan" ungkap Apink Alkaff Kades Mambalan dalam sambutannya.

Program unggulan desa selanjutnya yang akan di galakkan tahun 2022-20227 mendatang yakni membentuk Kampung Tahfiz Mambalan, 

Lanjut Kades Mambalan mengatakan Program Kampung Tahfiz ini sudah ada dalam visi misinya, dan menjadi program prioritas untuk Mambalan 2022-2027. 

"kampung tahfiz ini merupakan visi misi saya dan akan saya upayakan dalam tiga tahun akan kita launching. kita di desa ini sudah banyak hafiznya". lanjut Apink Alkaff. 

Sementara itu, Yusmi Zulvia TPP Lombok Barat mengatakan program kerja yang disusun oleh tim RPJMDes harus sejalan dengan visi misi kepala desa.

"Program kerja yang disusun oleh tim RPJMDes harus sejalan dengan visi misi kepala desa dan permasalahan yang ada di desa harus dibahas sampai tuntas agar dikemudian hari tidak ada kita dengar ungkapan warga kenapa saya tidak dibuatkan ini dibuatkan itu". ucap Yusmi Zulvia perwakilan TPP Lombok Barat dalam sambutannya di musrenbangdes kemarin.

Ahyar Rasyidi Sekdes Mambalan menginformasikan kepada seluruh peserta rapat bahwa sebagian besar Dana Desa DD akan dipergunakan untuk pemeberdayaan masyarakat sedangkan untuk pembangunan rabat jalan nantinya akan berkoordinasi dengan DURKP.