OPTIMIS, 2023 MAMBALAN MELAUNCING KAMPUNG TAHFIZ

  • Oct 25, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, Oktober 2021

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa Desa Mambalan yang menjadi desa tertua di Lombok Barat itu saat ini sedang melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan terbentuknya Kampung Tahfiz Mambalan,

Apink Alkaff, kepala desa Mambalan sangat optimis bisa mewujudkan Kampung Tahfiz dalam waktu tiga tahun kepemimpinannya. Hal itu bukan tanpa alasan, ia menyampaikan bahwa peluang mambalan akan menjadi kampung tahfiz sudah sangat besar berdasarkan data yang diperoleh desa melalui LPTQ.

“saya optimis 2023 kami akan melaunchig Kampung Tahfiz Mambalan, peluangnya sudah terlihat tinggal kita lakukan persiapan. Kawan-kawan LPTQ sudah melakukan pendataan dan dengan data-data itu saya optimis kita akan launching 2023”. Ungkap Apink Alkaff saat menyampaikan sambutannya diacara penutupan Semarak maulid yang diadakan remaja masjid Darussalam.

Selain kampung tahfiz Apink Alkaff juga akan merutinkan kegiatan semarak maulid atau yang akan dirangkai dengan MTQ tingkat desa untuk mencari bibit-bibit unggul penghafal di Desa Mambalan.

“kedepan kita akan mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mencari bibit-bibit unggul penghafal di Mambalan karena hanya dengan momen seperti inilah kita bisa menemukan bibit yang berkompeten”. Lanjutnya.

Data penghafal qur’an di Mambalan sudah bertambah dari sebelumnya dan tersebar dihampir semua dusun di Desa Mambalan yakni dusun Mambalan, Buwuh dan Batu Riti dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Untuk dusun Lilir Barat sendiri saat ini masih dilakukan pendataan dan memang disana kebanyakan warga yang beragama hindu.

Sementara itu Ahyar Rasyidi sekdes Mambalan, berharap keterlibatan pemuda dalam mewujudkan kampung tahfiz Mambalan dengan menemukan bibit-bibit penghafal yang layak diberikan beasiswa melalui Event MTQ yang telah menjadi agenda rutin desa tiap tahunnya.

“saya harap pemuda ikut terlibat dalam mewujudkan kampung tahfiz Mambalan dengan menemukan bibit-bibit unggul penghafal yang layak untuk diberikan beasiswa oleh desa melalui event MTQ yang rutin diadakan tiap tahunnya” ungkap Ahyar sekdes Mambalan saat berdiskusi dengan pemuda beberapa waktu lalu.

Ketua LPTQ desa Mambalan Satria Irwandi, dalam sambutannya menyampaikan antusiasmenya menyambut rencana kampung tahfiz Mambalan, Ia berencana setiap tahun akan memberikan sertifikat kepada penghafal yang telah lulus satu juz, lima juz, sapuluh juz hingga tiga puluh juz dan semua santri yang jumlah hafalannya terus meningkat.

“saya sangat bangga dengan capaian desa Mambalan saat ini terutama dibidang LPTQ, untuk itu saya berencana setiap tahun akan memberikan sertifikat untuk para santri tahfiz dimomen seperti ini atau even MTQ tingkat desa. Sertifikat itu nantinya akan kita berikan pada penghafal yang telah khatam satu juz, lima juz, sepuluh hingga tiga puluh juz dan semua santri yang jumlah hafalannya meningkat” ungkap Satria Irwandi ketua LPTQ desa Mambalan.

Finalnya pihak desa akan bekerjasama dengan LPTQ desa untuk mewujudkan kampung tahfiz Mambalan yang direncanakan akan dilaunching 2023 mendatang.