MAKSIMALKAN KINERJA BUMDES UNTUK MEMAJUKAN EKONOMI DESA

  • Nov 26, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, November 2021

Setelah sukses melaksanakan MUSDUS di semua dusun desa Mambalan, kemarin pemdes Mambalan baru saja menggelar Musrenbangdes program kerja untuk 2022-2027 mendatang.

Rapat yang digelar di halaman kantor desa itu dihadiri oleh semua perwakilan masyarakat desa Mambalan, Bhabinsa, Bhabinpot Dirga serta Bhabinkabthibmas. Hadir juga Sekretaris camat Gunungsari Muhamad Musanip, S.Sos dan TPP Lombok Barat Yusmi Zulvia.

Rapat yang membahas program-program unggulan desa selama masa jabatan kepala desa Mambalan Sayid Abdollah Alkaff, S.Sos. 2022-2027 mendatang antara lain perlunya memaksimalkan kinerja BUMDES yang saat ini masih di ketuai Lalu Suhaedi.  

Apink Alkaff kepala desa Mambalan mengatakan salah satu program yang menjadi prioritasnya adalah memaksimalkan kinerja BUMDES karena peran BUMDES kedepan akan sangat besar dalam memajukan perekonomian dan pembangunan desa, karena besarnya peran BUMDES untuk desa maka diperlukan juga pemimpin yang kompeten dalam bidangnya.

"salah satu program yang menjadi prioritas saya adalah akan memaksimalkan kinerja BUMDES, BUMDES akan berperan besar dalam memajukan perekonomian dan pembangunan desa, oleh karena kita akan cari pemimpin yang bisa memajukan BUMDES. tanggung jawab BUMDES akan sangat besar untuk desa kedepannya hingga diperlukan penanggung jawab yang kompeten juga dalam bidangnya" ungkap Apink Alkaff. 

Lanjut Dia mengatakan BUMDES diharapkan mampu mensejahterakan UMKM yang ada di desa Mambalan dan nantinya yang akan mengelola balai serba guna atau balai bambu adalah BUMDES. 

"kita usahakan BUMDES juga bisa membantu mensejahterakan UMKM yang ada di Desa. nanti kita buat balai serba guna atau balai sangkep dari bambu itu juga akan dikelola oleh bumdes" 

BUMDES sendiri akan diberikan modal awal sebesar seratus juta rupiah untuk tahun depan dengan harapan keuntungan yang diberikan BUMDES untuk desa lebih besar dari sebelumnya yakni hanya lima juta rupiah.