KAMPUNG TAHFIZ MENJADI PRIORITAS MAMBALAN LIMA TAHUN KEDEPAN

  • Sep 24, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) terbaru Kepala Desa Mambalan No. 16 Tahun 2021 tentang Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Desa Mambalan. 

Mambalan, sejak tahun 2018 lalu sudah menjalankan beberapa program LPTQ diantaranya menyelenggarakan MTQ tingkat desa. 

Saat ini tercatat belasan TPQ dan puluhan penghafal Qur'an di Mambalan. 

Apink Alkaff kepala desa saat ini bahkan menjadikan Mambalan sebagai kampung Tahfiz prioritasnya yang Ia cantumkan dalam visi misi lima tahun kedepan. 

Menurutnya, para hafiz di Mambalan merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki selain mata air Tirta Rengguung. 

"Salah satu potensi besar yang dimiliki Mambalan adalah para penghafal Qur'annya. Saya ingin Mambalan menjadi kampung tahfiz kedepan" Ungkapnya saat menyampaikan sambutan diacara Musdus penetapan RPJMDes di Masjid Darussalam senin malam kemarin. 

"Nantinya para hafiz ini akan kita usahakan agar bisa mendapat beasiswa disekolah maupun pondok pesantren. Untuk teknisnya nanti mungkin bisa kita komunikasikan dengan pihak sekolah maupun pesantren" Lanjutnya memperjelas. 

Saat ini pihak LPTQ sedang mengumpulkan data semua penghafal Qur'an yang ada di Desa Mambalan sebagai bukti bahwa desa itu serius untuk menjadikan Mambalan sebagai Kampung Tahfiz. 

Dari data yang diperolah LPTQ terdapat sekitar dua puluh TPQ yang berada dibawah naungan LPTQ dan ratusan santri yang belajar di tiap-tiap TPQ yang terdiri dari anak-anak hingga remaja. 

Tercatat juga puluhan putra-putri Mambalan saat ini sedang menimba ilmu di pondok-pondok pesantren yang ada di Lombok bahkan ada yang keluar daerah. 

Ahyar Rasyidi, selaku sekdes Mambalan mengaku sangat bangga dengan hal ini dan Dia berharap ada kesempatan untuk berkumpul bertatap muka dengan para hafiz untuk mengaji bersama atau sambung ayat untuk mengetas hafalan mereka. 

"Saya ingin sekali nanti kumpul sama hafiz-hafiz ini untuk sekedar mengaji atau sambung ayat untuk sekedar mengetes hafalan mereka" Ungkapnya beberapa waktu lalu saat berdiskusi di aula kantor desa Mambalan. 

Ia juga mengkhawatirkan para hafiz yang saat ini sudah selesai di pondok lupa hafalan mereka karena tidak pernah muroja'ah. 

"Itu supaya mereka tidak lupa hafalannya karena saya khawatir mereka banyak yang sudah selesai di pondok" Keluhnya. 

Rencana Mambalan akan dijadikan Kampung Tahfiz ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat.