Hampir Dua Tahun Pandemi, UMKM Terancam Gulung Tikar

  • Sep 22, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Hampir dua tahun pandemi membuat banyak kalangan kehilangan mata pencaharian dan sulitnya mencari pekerjaan di masa ini. 

Termasuk UMKM yang ada di Mambalan kini terancam gulung tikar karena ikut terkena imbas pandemi covid-19. Selain mengeluhkan kurangnya konsumen atau pembeli, modal juga menjadi kendala. Seperti yang dialami salah satu pengusaha UMKM dibidang kuliner ini terpakaa menghentikan produksinya selama pandemi. 
Ia mengaku selama pandemi pendapatannya berkurang drastis dari sebelumnya. 

Menurut Dinda selaku owner Kripik Mertua pedas manis Ia kesulitan mendapatkan konsumen lantaran pelanggannya kehilangan mata pencahariannya. 

"Sangat berkurang dibanding sebelum pandemi, pelanggan saya rata-tara dirumahkan dan tidak memiliki penghasilan lagi" Tuturnya. 

Ia juga beranggapan karena pandemi terciptanya rantai ekonomi dimana antar penjual dan pembeli berkaitan satu sama lain. 

"Pandemi ini membuat rantai ekonomi tapi rantai ekonomi sulit, dimana penjual kehilang pembeli, pembeli kehilangan pekerjaan hingga kita sama-sama dalam posisi yang sulit" Terangnya. 

Karena pandemi juga ia harus melakukan proses produksi sendiri tanpa bantuan karyawan seperti sebelum pandemi. Ia bahkan tidak tahu apakah akan kembali memproduksi kripik pedas manis atau tidak. 

"Untuk produksi lagi, saya kurang tahu. Yang pasti untuk saat ini sepertinya tidak dulu karena modal produksi sudah saya gunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari" Tutupnya. 

Kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan perekonomian kembali pulih seperti dulu.