ANTISIPASI BENCANA, PEMDES BENTUK TAGANA

  • Nov 29, 2021
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, November 2021

Melihat hampir dua tahun ini dunia di landa wabah penyakit virus covid-19. bukan tidak mungkin musibah jenis apa saja bisa terjadi lagi dikemudian hari. sehingga desa perlu mengantisipasi atau mempunyai persiapan sebelum menghadapi bencana atau seditaknya desa memiliki bekal awal dalam menghadapi bencana dan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan maka desa Mambalan akan membentuk Pemuda Tanggap Bencana TAGANA. Tagana ini nantinya akan dibekali dengan pelatihan-pelatihan sehingga mereka bisa sigap dalam menghadapi bencana.

Kepala desa Mambalan menyatakan pernah mengatakan akan melibatkan peran pemuda dalam program kerjanya dan disini peran pemuda memang sangat dibutuhkan. 

"saya pernah katakan akan banyak melibatkan peran pemuda dalam program kerja saya dan akan memberikan tanggung jawab kepada para pemuda dan disinilah peran pemuda sangat kita butuhkan. nanti mereka-mereka ini akan kita latih bagaimana sigap saat menghadapi bencana alam maupun nonalam". ungkap Apink Alkaff kades Mambalan. 

Ahyar Rasyidi sekdes Mambalan mengatakan tidak akan takut mengalokasikan dana besar untuk pemuda tanggap bencana jika memang dalam kondisi yang sangat darurat.

"Tagana ini sangat penting hingga kami pemdes tidak akan takut mengalokasikan dana besar jika memang diperlukan seperti saat kondisi urgent atau darurat yang terjadi di desa" ucap Ahyar, sekdes Mambalan. 

Lanjut ia mengatakan saat ini pemdes mengalokasikan dana sebesar enam puluh juta untuk tagana dan bisa saja jumlah itu akan bertambah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan tagana nantinya.

"untuk saat ini kita alokasikan dana sebesar enam puluh juta untuk tagana. tapi jumlah itu bisa saja bertambah sesuai dengan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja tagana. Harapan desa pada tagana ini sangat besar, terlebih saat terjadi bencana alam. tapi semoga saja tidak terjadi bencana apapun". Tutup Ahyar sekdes Mambalan.