MASALAH SAMPAH DI MAMBALAN

  • Jan 10, 2022
  • Admin Desa Mambalan

Mambalan, 10 Januari 2022

Penyebab banjir yang terjadi di desa Mambalan belum lama ini disebut-sebut ada kaitannya dengan sampah yang menyumbat aliran sungai.

Kades Mambalan Sayid Abdollah Alkaff meminta dinas terkait di Lombok Baratarat maupun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK)  prov NTB untuk mengambil sikap atas kejadian ini.
"Penyebab banjir dan meluapnya aliran sungai ranjok belum lama ini akibat sampah"  ungkap kades yang akrab disapa Bang Apink tersebut pada Jum'at (7/1).

Dia juga menceritakan, aliran sungai ranjok lokasinya tepat berada di belakang pasar Lilir Barat
"Sampahnya menjadi menyisakan persoalan lingkungan untuk kami dan masalah ini kerab diabaikan" sambungnya.
Padahal dari pasar itu ada retribusi, semestinya pemasukan itu digunakan untuk mengurus pasar"

Persoalan ini kata Dia secara khusus pernah disampaikan kepada kepala badan pendapatan daerah dalam suatu acara beberapa waktu lalu.
"Pak Kanan berjanji akan menghubungi pihak dinas lingkungan hidup Lobar untuk turun menangani persoalan sampah dibantarkan sungai ranjok disekitar pasar Lilir Barat" terangnya.

Selain membahayakan kesehatan, kepala desa yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini menyampaikan persoalan sampah ini menjadi menjadi masalah serius bagi warga disepanjang aliran sungai ranjok khususnya desa Dopang, Ranjok dan Taman Sari.

Bahkan dari desa Dopang sempat protes lantaran budidaya ikan salah seorang warganya tercemar lantaran sampah.
"Hanya saja sampai banjir menerjang desa kami usulkan dan keluhan tersebut hanya dianggap angin lalu" tutupnya.