HAUL DESA MAMBALAN KE 154 TAHUN

  • Aug 12, 2022
  • Admin Desa Mambalan

154 Tahun Perjalanannya (Desa Mambalan)

Dilatar belakangi berbagai kisah yg tentunya sangat menarik untuk dikaji ulang secara mendalam, salah satunya ialah sejarah desa Mambalan dengan kerajaan Anak Agung Ngurah Karang Asem yg memperistri gadis bangsawan Mambalan dan Cerita Kekaromahan Lalu Gede (Makam Batu Riti).

Mambalan, kini 154 Tahun sudah usianya setelah sebelumnya berbentuk KEDATUAN yg dipimpin oleh Tu Menggung atau lebih dikenal Datu Menggung. 

Tahun 1868 pertama kalinya Mambalan di pimpin oleh seorang kepala desa yg mana kepala Desa pertama saat itu ialah Datu Cempa, dilanjutkan  Datu Mustiayu, Raden Agil Taufik, Datu Djendramayu, Datu Badrun, Datu Karsa, Datu Markawi, Lalu Thuhur, hingga terakhir Lalu Ahmad Yudni dan saat ini dipimpin oleh Sayid Abdollah Alkaff @apinkalkaff .

Dengan begitu banyak latar belakang yg menjadi cikal bakal terbentuknya desa Mambalan maka patutlah kita sebagai penerus dan orang yg setiap hari menjejakkan kaki di tanahnya melestarikan sejarah yg menjadi salah satu kekayaan dan kebanggaan yg dimiliki desa Mambalan .

#mambalan #selayangpandangmambalan #mambalanberbudaya